Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peninggalan Pada Zaman Logam

Jawa Sumatera Selatan Sulawesi Tengah Bali dekat Danau Sentani dan Papua. Nekara merupakan artefak suci bagi masyarakat di zaman pra aksara.


Zaman Logam Pengertian Ciri Ciri Peninggalan Dan Hasil Kebudayaannya Lengkap

Salah satu bentuk peninggalan yang ditemukan adalah alat yang digunakan pada zaman perunggu.

Peninggalan pada zaman logam. Kapak Corong digunakan sebagai alat perkakas. Peninggalan Zaman Logam. Pada zaman ini manusia sudah.

Nekara perunggu berfungsi sebagai alat musik sarana upacara ritual memanggil hujan dan kegiatan lainnya. Dalam diskusi ini kami hanya membahas era logam di Indonesia tetapi berdasarkan teori ahli era tembaga tidak terjadi di Indonesia. Nekara terbesar di Indonesia terdapat di bali dengan nama The Moon Of Pejeng.

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa di era logam ini merupakan zaman dimana manusia sudah bisa membuat alat-alat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan bahan dasar logam. Di zaman inilah peralatan yang digunakan sudah tidak lagi. Hisham Budiatma 10142021 in Sejarah 4 Comments.

Zaman logam terdiri dari tiga zaman yaitu zaman tembaga perunggu dan besi. Jenis Peninggalan Zaman Besi. Hasil kebudayaan zaman logam yang cukup terkenal adalah kapak corong.

Bagi masyarakat zaman logam benda ini dianggap suci. Kemampuan nenek moyang kita membuat benda-benda dengan bahan dasar logam diperoleh dari orang-orang yang bermigrasi dari Dongson Vietnam. Terjadi perkembangan kebudayaan yang cukup pesat pada periode ini.

Setelah batu yang bisa dijadikan alat manusia pada saat itu sudah mulai menemukan bahan selain batu yaitu logam yang bisa dijadikan alat atau senjata dengan cara meleburnya dan membentuk alat yang diinginkannya. Berikut beberapa peninggalan dari zaman logam. Para ahli mengatakan kalo Indonesia gak terpengaruh dengan zaman tembaga dan gak juga mengalaminya karena sampai sampai saat ini belum ada ditemukan peninggalan.

Kapak corong yang ditemukan di Indonesia ialah kapak perunggu. Kapak Corong Kapak corong atau kapak sepatu memiliki bentuk bagian atasnya seperti corong dengan sembirnya terbelah. Zaman tembaga yaitu zaman yang jadi awal manusia mengenal logam dimana pada zaman ini manusia memakai tembaga sebagai bahan dasar untuk membuat peralatan.

Peninggalan zaman logam banyak ditemukan di Indonesia yang sekarang sudah dimuseumkan. Alat-alat tersebut terbuat dari berbagai logam seperti tembaga besi maupun perunggu. Nekara adalah peninggalan zaman logam berbentuk genderang terbuat dari bahan perunggu.

Pada zaman perundagian manusia telah memiliki kemampuan dalam membuat alat-alat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh Peninggalan pada Zaman Logam. Pada zaman ini manusia telah menetap dan mulai mengenal pembagian kerja berdasarkan keahlian tertentu.

Zaman Logam juga disebut Masa Perundagian sebab di dalam masyarakatnya muncul golongan undagi yang terampil di bidangnya masing-masing. Nekara adalah peninggalan pada zaman logam yang berupa alat musik yaitu gendering besar. Zaman logam terjadi pada saat manusia sudah mampu mengolah bahan logam.

Zaman Megalitikum Batu Besar Zaman megalitikum disebut juga dengan zaman batu besar. Namun saya akan berbicara sedikit tentang. Peninggalan zaman logam berupa kapak corong banyak ditemukan di daerah seperti.

Berikut ini beberapa contoh peninggalan Zaman Logam yang ditemukan di Indonesia antara lain. Peninggalan alat tersebut selain terdapat di Sumatera juga terdapat di Flores Sulawesi dan Jawa. Sebagai perkembangan dari zaman batu manusia masuk ke zaman logamZaman logam disebut juga masa perunggu dan besi atau masa perundagian.

Setelah melalui zaman megalitikum manusia prakaksara mulai memasuki zaman logam. Seperti yang sudah dijelaskan di atas peninggalan-peninggalan zaman logam ini dapat kita temukan di beberapa daerah di Indonesia. Peninggalan zaman logam perunggu ini berbentuk seperti semacam genderang berupa dandang yang tertelungkup berbentuk semacam pinggang pada bagian tengah dan bagian atas yang tertutup.

Hal itu membuktikan bahwa manusia purba telah mengenal teknik peleburan logam. Peninggalan zaman logam Berdasarkan penemuan benda hasil kebudayaan manusia para arkeolog membagi zaman prasejarah ke dalam dua periode yaitu megalitikum atau zaman batu dan zaman logam. Zaman besi merupakan periode dimana manusia sudah mampu mengolah bijih-bijih besi meleburnya serta mencetaknya menjadi alat-alat perkakas sehari-hari.

Pada zaman ini manusia sudah mengalami perkembangan dalam memenuhi kebutuhannya. Peninggalan Zaman Logam di Indonesia. Namun hanya ada peninggalan zaman perunggu dan zaman besi saja.

Di Indonesia nekara hanya digunakan untuk upacara upacara tertentu saja antara lain untuk. Tangkai kayu dimasukkan ke dalam corong dan menyiku pada bidang kapak. Pembagian Zaman Logam.

Berikut ini adalah beberapa peninggalan pada masa logam yakni diantaranya. Berikut adalah benda-benda peninggalan. Pada artikel ini pembahasan mengenai peninggalan zaman logam akan dipusatkan pada zaman besi karena zaman besi telah dilihat sebagai zaman dimana manusia menemukan temuan terbaik sepanjang masa ini.

Diperkirakan berfungsi untuk memanggil roh nenek moyang sebagai kepercayaan yang dianut. Maka berikut adalah peninggalan zaman logam besi yang masih ada hingga sekarang. Ditemukan di beberapa daerah seperti Pulau Sumba Sumatera Jawa Roti Sumbawa Sangean dan Pulau Selayar.

Kapak Corong Penemuan kapak corong di Indonesia diantaranya yaitu di wilayah Sumatra Selatan Jawa Bali Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Papua dekat danau Sentani dan juga Pulau Selayar. Candrasa ditemukan di kota Bandung yang alatnya merupakan sejenis kapak akan tetapi menyerupai senjata api. Pada periode ini bahan-bahan dari logam diolah dan dibentuk menjadi beraneka ragam peralatan.

Pengertian Sejarah Ciri dan Peninggalannya. Adapun peninggalan zaman logam di masa perunggu diantaranya yaitu. Fase tersebut juga diketahui menjadi fase terakhir dari zaman logam.

Pada zaman ini manusia mulai mengenal logam dan mencetaknya menjadi berbagai alat kebutuhan sehari-hari. Selain sebagai penunjang kehidupan sehari-hari hasil budaya logam di indonesia sebagian besar digunakan. Karena itu di zaman logam hanya ada usia perunggu dan besi di Indonesia.

Kapak dengan bentuk menyerupai corong pada bagian atasnya fungsi corong tersebut untuk memasukkan tangkai kayu.


Zaman Logam Alat Peninggalan Kebudayaan Logam Zaman Perunggu Dan Besi Corak Kehidupan Masyarakat Teknologi Pada Zaman Logam


12 Kebudayaan Zaman Logam Di Indonesia Dan Fungsinya Sejarah Lengkap


Peninggalan Bangsa Deutro Melayu Halaman All Kompas Com


Posting Komentar untuk "Peninggalan Pada Zaman Logam"